Laptop Tidak Bisa Booting (Login Windows)


Masalah ini muncul ketika laptop dihidupkan, kemudain muncul pesan “Disk Boot Failure”, atau muncul pesan tidak menemukan adanya system operasi pada laptop. Kegagalan booting seperti ini bisa diakibatkan dari komponen hardisk yang rusak atau juga system operasi yang rusak oleh virus atau Trojan.

Bila kejadian seperti ini terjadi pada laptop atau PC anda, Anda bisa melakukan langkah - langkah berikut :

     1.       Memeriksa hardisk terdeteksi atau tidak. Bisa jadi hardisk kita tidak terdeteksi oleh laptop. Periksa hardisk lewat BIOS.
·         Hidupkan laptop dan tekan terus Del atau F2 (tergantung model laptop, baca kembali buku manual untuk pengguna)
·         Pada halaman BIOS, dihalaman awal kita sudah bisa mengetahui apakah hardisk kita terdeteksi atau tidak. Jika ternyata hardisk terdeteksi dan laptop tidak mau booting, berarti kondisi hardisk baik-baik saja.
      2.       Jika hardisk baik-baik saja, install ulang system operasi, kerna system yang rusak bisa menyebabkan laptop tidak bisa masuk Windows.
      3.       Jika hardisk tidak terdeteksi pada BIOS, coba periksa soket  hardisk, mungkin saja ada pergeseran dan soket menjadi kendur. Periksa juga pin-pin hardisk apakah ada yang patah. Setelah itu coba hidupkan laptop, jika tidak mau booting, gantilah hardisk tersebut karena sudah rusak.
Cara mengganti hardisk bisa  klik Upgrade hardisk

1 comments:

ani nindia said...

infonya bermanfaat,,,mksih yaa..

Post a Comment

JANGAN DI KLIK

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India