Fungsi Vlookup sangat berguna jika anda mempunyai tabel referensi (lihat
sheet2)yang sering digunakan pada tabel kerja (lihat sheet1). Jika anda
mengubah nilai pada tabel referensi maka anda tidak perlu mengubah
nilai pada tabel kerja, karena otomatis akan berubah sendiri mengacu
pada tabel referensinya. Hal ini sangat efektif jika anda mempunyai
banyak baris (lebih dari puluhan baris).
Berikut ini prosedur membuat formula Vlookup Beda Sheet Pada Excel :
1. Buat Tabel Referensi
2. Buat Tabel Kerja
Pada sel B3 ketik rumus :
=VLOOKUP(A3,Sheet2!$A$3:$C$6,2,0)
Pada sel C3 ketik rumus :
=VLOOKUP(A3,Sheet2!$A$3:$C$6,3,0)
Jika data lebih dari baris ke 14, copy formula pada kolom B3 dan C3 sesuai kebutuhan.
Keterangan :
A3 = cell tabel kerja yang menjadi inti dari pencarian
Sheet2 = nama sheet tabel referensi
! = pembatas
$A$3 = cell dimulainya pencarian
$C$6 = cell terakhir yang dicari dari tabel referensi
2 atau 3 = kolom pencarian
0 = jika data kosong maka akan tampil 0
Semoga bermanfaat.......!!!
2 comments:
salam....
bagaimana jika yang mau kita input itu berada di baris tertentu?
misalkan: nama Andi
Agama 80
PKn 89
BI 87
yg mau kita insert itu cuma nilai BI aja dr masing2 murid, bagaimana rumusnya supaya nilai yg di insert itu selalu dari baris ke-3.
Terima kasih
susah baget
Post a Comment