Laptop Hang


Hal yang sangat menjengkelkan saat kita sedang asyik bekerja, tiba-tiba laptop tidak berfungsi atau hang.Pekerjaan kita yang hamper selesai harus diulang dari awal lagi, karena kita harus mematikan laptop. Tanda-tanda laptop hang adalah program tidak merespon atau tidak jalan, mouse tidak bias digerakan, keyboard tidak berfungsi, atau muncul blu screen(layar berwarna biru yang menampilkan pesan error).
Ini bisa disebabkan oleh factor :
1. Suhu diatas normal
2. Virus
3. Spyware yang merusak file system dan mengganggu proses kerja sistem.
Untuk mengetahui permasalahan sebenarnya kita melakukan langkah-langkah seperti berikut :
1. Memeriksa respon CPU. Terkadang pada saat kita bekerja dan tiba-tiba layar monitor tidak bergerak,kita langsung mengambil kesimpulan laptop kita mengalami error pada sistem operasi (hang), padahal tidak selalu begitu, bias saja hanya mousenya saja yang tidak berfungsi. Lakukan langkah pemeriksaan awal berikut :
a. Periksa apakah CPU masih merespon atau tidak. Caranya dengan menekan salah satu tombol pada keyboard yang dapat mengakibatkan lampu indicator sebagai petunjuk. Tekan tombol caps lock pada keyboard.
b. Periksa apakah lampu indikator menyala atau tidak, jika lampu menyala berarti CPU masih merespon dan laptop tidak hang, ganti mouse anda.
c. Jika lampu indicator tidak menyala bisa dipastikan laptop anda hang, langkah selanjutnya adalah.
2. Kemungkinan Virus. Virus bisa jadi membuat laptop anda hang. Jika menggunakan sistem operasi windows, scann lewat safe mode. Menscann lewat safe mode lebih efektif daripada lewat windows normal. Karena pada safe mode sistem bekerja secara minimal dan membuat anti virus lebih leluasa dalam melakukan scanning.
Langkah-langkahnya adalah :
a. Matikan laptop dan hidup kembali, ketika sedang booting tekan f8 berkali-kali sampai muncul pilihan menu.
b. Pada menu pilihan, pilih safe mode, lalu tekan enter.
c. Masuklah kesistem sebagai administrator.
d. Tunggu sampai kotak pesan muncul dan pilih yes untuk menjalankan safe mode pada sistem.
e. Setelah itu scan laptop dengan antivirus atau antispyware yang anda gunakan.
3. Memeriksa Suhu CPU.Jika tidak menemukan file sistem yang dirusak virus. Selanjutnya periksa suhu CPU. Sutu normal panda CPU dalai 30 – 60 derajat celicius.
Langkah-langkah untuk mengetahui suhu CPU adalah :
a. Restart laptop dan masuk ke BIOS dengan menekan tombol delete atau F2 berkali-kali sampai muncul bios. Jika BIOS tidak muncul lihat buku manual yang anda gunakan.
b. Setelah masuk ke BIOS, pilih menu PC Health Status atau menu lain yang meninformasikan suhu laptop. Jika tidak ditemukan untuk mengetahui status suhu CPU, anda bisa menginstal aplikasi SpeedFan 4.35 dan untuk mendownloadnya klick disini.
c. Jika panas CPU berlebih, belilah pendingin tambahan untuk laptop anda.
4. Jika Langkah diatas tidak berhasil, Instal Ulang Sistem Operasi. Dengan sistem yang
baru laptop akan lebih ringan dan file-file sistem masih bekerja dengan baik. Apabila install ulang tidak menyelesaikan masalah,bisa dipastikan laptop anda mengalami kerusakan hardware, jika sudah demikian, sebaiknya anda bawa ke tempat service.

4 comments:

toyota bandung .call.081222342498 said...

Mau nanya dong, kalo lepto,layar tidak merespon sedangkan lampu indikator nya tetap menyala cara menormalkan kembali gimana ya, leptop asus

LYN said...

Sama nih. Pas lagi asik nonton video terus tiba-tiba layarnya dan keyboard serta mouse tidak merespon tapi lampu indikatornya tetap menyala (saya juga laptop asus)

LOVELYZ TRILOGY said...

Keren min , makasih sudah share
https://cody.id/produk/blower-infrared/



CODY***GARANSI SELAMANYA***
== HARGA DIJAMIN LEBIH MURAH ==
=== jASA SERVICE YG PASTI LEBIH CEPAT ===

algoritmaprogramalgoritma said...

Kak klo lakuin cara di atas data di laptopnya bakalan ilang ngga??

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India